Konsep Dasar Pendidikan
Banyak kasus
dalam keragaman pola hidup makhluk untuk mempertahankan dan mengembangkan
hidupnya, tak terkecuali manusia. Semakin banyak tuntutan hidup manusia, maka
semakin besar pula taraf hidupnya. Begitu juga dengan pendidikan, pendidikan
juga mengalami perubahan dan perkembangan. Hal ini ditunjukkan dari aktivitas
pendidikan yang mengalami perkembangan sejajar dengan perkembangan tingkat
hidup manusia.
Dapat disimpulkan
pengertian pendidikan adalah suatu usaha yang didasari untuk mengembangkan
kepribadian dan kemampuan manusia. Pendidikan berlangsung seumur hidup dan
tanggung jawab pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Empat pilar
pendidikan seumur hidup, menurut UNESCO yaitu :
1.
Learning to know (belajar untuk mengetahui)
2.
Learning to do (belajar untuk berbuat)
3.
Learning to life together in peace and harmony (belajar
untuk hidup bersama)
4.
Learningg to be himself (belajar untuk menjadi
dirinya sendiri)
Jenis perilaku dari berbagai makhluk menurut Kohnstamm, yaitu : (1) Anorganis, merupakan gerakan yang terjadi pada benda mati; (2) Organis / nabati, terjadii pada tumbuh-tumbuhan; (3) Hewani, yaitu memiliki kesadaran dan dilengkapi oleh alat indera; dan (4) Manusia, perilaku yang hanya terdapat pada manusia adalah manusia berkemauan untuk menguasai, manusia memiliki kesadaran intelektual, manusia sebagai makhluk sosial, manusia memiliki bahasa simbolis dan dapat menyadari nilai-nilai estetika atau keindahan.
Jenis perilaku dari berbagai makhluk menurut Kohnstamm, yaitu : (1) Anorganis, merupakan gerakan yang terjadi pada benda mati; (2) Organis / nabati, terjadii pada tumbuh-tumbuhan; (3) Hewani, yaitu memiliki kesadaran dan dilengkapi oleh alat indera; dan (4) Manusia, perilaku yang hanya terdapat pada manusia adalah manusia berkemauan untuk menguasai, manusia memiliki kesadaran intelektual, manusia sebagai makhluk sosial, manusia memiliki bahasa simbolis dan dapat menyadari nilai-nilai estetika atau keindahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar