Selasa, 23 April 2013

Landasan Pendidikan

Landasan adalah dasar, karena itu landasan merupakan dasar yang dijadikan sebagai titik tolak. Pendidikan adalah suatu perbuatan, hal atau cara mendidik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa landasan pendidikan adalah asumsi yang menjadi dasar titik tolak dalam rangka membantu seseorang untuk mencapai tujuan pendidikan (praktik pendidikan) dan memahami pendidikan (studi pendidikan).

Ilmu Pendidikan Sebagai Ilmu Normatif
Menurut sistemnya, ilmu pengetahuan dibedakan dalam dua hal :
1.       Ilmu-ilmu Murni, misalnya matematika
2.       Ilmu-ilmu Empiris, berdasarkan pengalaman, objeknya merupakan gejala kehidupan. Contohnya : alam, gejala-gejala hidup, situasi pendidikan.

Pendekatan Dalam Mempelajari Pendidikan
1.       Pendekatan Religius,
Ajaran agama dapat dijadikan sumber inspirasi untuk menyusun teori pendidikan.
2.       Pendekatan Falsafah,
Suatu pendekatan untuk menelaah dan memecahkan masalah pendidikan dengan menggunakan prinsip filsafat (teoritis dan praktik).

Macam-macam Kecerdasan
Howard Garner berpendapat bahwa terdapat tujuh macam kecerdasan, yaitu :
1.       Kecerdasan Linguistik, merupakan kemampuan untuk berbahasa. Contohnya adalah penyair.
2.       Kecerdasan Logis – Matematis, adalah kemampuan yang berkaitan dengan hitung menghitung, berpikir logis, dan sistematis.
3.       Kecerdasan Visual – Spasial, adalah kemampuan memvisualkan atau menggambarkan masa depan. Contohnya adalah arsitektur.
4.       Kecerdasan Musikal, adalah kemampuan dalam bermusik. Contohnya seperti musisi.
5.       Kecerdasan Kinesketik Tubuh, adalah kemampuan untuk mengolah organ tubuh.
6.       Kecerdasan Intrapersonal, merupakan kemampuan untuk merenungkan diri. Contohnya adalah paranormal.
7.       Kecerdasan Interpersonal, adalah kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Contohnya adalah politikus, host atau presenter, pendidik.

Perbedaan Pelatihan, Pengajaran, dan Pendidikan
1.       Pelatihan,
Merupakan suatu usaha untuk memberi sejumlah keterampilan tertentu yang dilakukan secara beulang-ulang.
2.       Pengajaran,
Ialah memberi pelajaran tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi intelektualnya.
3.       Pendidikan,
Ialah menunjukkan adanya usaha yang lebih ditujukan kepada pengembangan budi pekerti.

Sistem Pendidikan
Sistem diartikan sebagai serangkaian komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling terkait dan berfungsi untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pendidikan adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan (Soekidjo Notoatmodjo. 2003 : 16). Sistem pendidikan secara sederhana adalah mengubah input atau masukan menjadi output atau keluaran. Dan prosesnya disebut proses transformasi. Berikut ini gambar BULKONAH dari sistem pendidikan secara sederhana :

1 komentar: