Landasan adalah dasar, karena itu
landasan merupakan dasar yang dijadikan sebagai titik tolak. Pendidikan adalah suatu
perbuatan, hal atau cara mendidik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa landasan
pendidikan adalah asumsi yang menjadi dasar titik tolak dalam rangka membantu
seseorang untuk mencapai tujuan pendidikan (praktik pendidikan) dan memahami
pendidikan (studi pendidikan).
Ilmu Pendidikan Sebagai Ilmu
Normatif
Menurut sistemnya, ilmu pengetahuan dibedakan dalam dua hal :
1.
Ilmu-ilmu Murni, misalnya matematika
2.
Ilmu-ilmu Empiris, berdasarkan pengalaman,
objeknya merupakan gejala kehidupan. Contohnya : alam, gejala-gejala hidup,
situasi pendidikan.
Pendekatan Dalam Mempelajari
Pendidikan
1.
Pendekatan Religius,
Ajaran agama dapat
dijadikan sumber inspirasi untuk menyusun teori pendidikan.
2.
Pendekatan Falsafah,
Suatu pendekatan
untuk menelaah dan memecahkan masalah pendidikan dengan menggunakan prinsip
filsafat (teoritis dan praktik).
Macam-macam Kecerdasan
Howard Garner berpendapat bahwa terdapat tujuh macam kecerdasan, yaitu
:
1.
Kecerdasan Linguistik, merupakan kemampuan untuk
berbahasa. Contohnya adalah penyair.
2.
Kecerdasan Logis – Matematis, adalah kemampuan
yang berkaitan dengan hitung menghitung, berpikir logis, dan sistematis.
3.
Kecerdasan Visual – Spasial, adalah kemampuan
memvisualkan atau menggambarkan masa depan. Contohnya adalah arsitektur.
4.
Kecerdasan Musikal, adalah kemampuan dalam
bermusik. Contohnya seperti musisi.
5.
Kecerdasan Kinesketik Tubuh, adalah kemampuan
untuk mengolah organ tubuh.
6.
Kecerdasan Intrapersonal, merupakan kemampuan
untuk merenungkan diri. Contohnya adalah paranormal.
7.
Kecerdasan Interpersonal, adalah kemampuan
bekerja sama dengan orang lain. Contohnya adalah politikus, host atau
presenter, pendidik.
Perbedaan Pelatihan,
Pengajaran, dan Pendidikan
1.
Pelatihan,
Merupakan suatu
usaha untuk memberi sejumlah keterampilan tertentu yang dilakukan secara
beulang-ulang.
2.
Pengajaran,
Ialah memberi
pelajaran tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi intelektualnya.
3.
Pendidikan,
Ialah menunjukkan
adanya usaha yang lebih ditujukan kepada pengembangan budi pekerti.
Sistem Pendidikan
Sistem diartikan sebagai
serangkaian komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling terkait dan
berfungsi untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Pendidikan adalah segala upaya yang
direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau
masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan
(Soekidjo Notoatmodjo. 2003 : 16). Sistem pendidikan secara sederhana
adalah mengubah input atau masukan menjadi output atau keluaran. Dan prosesnya
disebut proses transformasi. Berikut ini gambar BULKONAH dari sistem pendidikan
secara sederhana :
ilmu kurikulum ta za...?
BalasHapus