Kamis, 18 April 2013

Pendidikan


Pendidikan Sebagai Suatu Proses Transformasi Nilai

       Pada hakekatnya pendidikan akan mencakup kegiatan mendidik, mengajar dan menilai. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1) mendidik adalah memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntutan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran; (2) Mengajar adalah memberi pelajaran; dan (3) Menilai adalah memperkirakan atau menentukan nilainya, yaitu angka kepandaian (rata-rata), banyak sedikitnya isi (kadar mutu) dan sesuatu yang menyempurnakan manusia sesuai dengan hakekatnya.
      Nilai-nilai yang akan ditransformasikan antara lain adalah nilai-nilai religi, nilai-nilai kebudayaan, dan nilai-nilai pengetahuan. Dan nilai yang perlu diperhatikan untuk menentukan tujuan, menurut UNESCO adalah nilai otonom (memberi kesadaran kepada individu), nilai equity atau keadilan (memberi kesadaran kepada seluruh warga) dan nilai survival.
       Terdapat beberapa syarat agar terpenuhinya proses transformasi, yaitu : (1) Adanya hubungan edukatif; (2) Adanya metode pendidikan yang sesuai; (3) Adanya sarana dan perlengkapanpendidikan; dan (4) Adanya suasana yang kondusif atau memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar