Pendidikan Sebagai
Suatu Proses Transformasi Nilai
Pada hakekatnya
pendidikan akan mencakup kegiatan mendidik, mengajar dan menilai. Dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia, (1) mendidik adalah memelihara dan memberi latihan
(ajaran, tuntutan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran; (2) Mengajar
adalah memberi pelajaran; dan (3) Menilai adalah memperkirakan atau menentukan
nilainya, yaitu angka kepandaian (rata-rata), banyak sedikitnya isi (kadar
mutu) dan sesuatu yang menyempurnakan manusia sesuai dengan hakekatnya.
Nilai-nilai yang
akan ditransformasikan antara lain adalah nilai-nilai religi, nilai-nilai
kebudayaan, dan nilai-nilai pengetahuan. Dan nilai yang perlu diperhatikan
untuk menentukan tujuan, menurut UNESCO adalah nilai otonom (memberi kesadaran
kepada individu), nilai equity atau keadilan (memberi kesadaran kepada seluruh
warga) dan nilai survival.
Terdapat beberapa syarat agar terpenuhinya proses transformasi, yaitu : (1) Adanya hubungan edukatif; (2) Adanya metode pendidikan yang sesuai; (3) Adanya sarana dan perlengkapanpendidikan; dan (4) Adanya suasana yang kondusif atau memadai.
Terdapat beberapa syarat agar terpenuhinya proses transformasi, yaitu : (1) Adanya hubungan edukatif; (2) Adanya metode pendidikan yang sesuai; (3) Adanya sarana dan perlengkapanpendidikan; dan (4) Adanya suasana yang kondusif atau memadai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar